Redwinbet Agen Judi Terpercaya

Thursday, February 18, 2016

Lima kisah manusia terdampar sendirian di pulau paling mencengangkan


 Lima kisah manusia terdampar sendirian di pulau paling mencengangkan

Kisah novel Robinson Crusoe karya penulis Inggris Daniel Defoe pernah menginspirasi film Castaway yang dibintangi aktor Tom Hanks pada tahun 2000. Dalam kisah itu diceritakan seorang pria yang terdampar sendirian di sebuah pulau terpencil tak berpenghuni. Dia harus bertahan hidup di pulau itu dengan peralatan seadanya.

Terbayangkah Anda bila suatu hari hidup seorang diri di sebuah pulau tak berpenghuni? Kejadian tersebut diperparah dengan tak satu pun perbekalan yang Anda bawa.

Anda diharuskan bertahan hidup dengan alat seadanya, seperti dicontohkan seorang gadis Jepang bernama Hori. Demi mencari pengalaman bertahan hidup dia rela mengasingkan diri tanpa perbekalan apa pun. Bertahan dengan meminum air kelapa dan ikan laut.

Kisah lain adalah sekelompok orang yang mencoba memancing ikan malah tersapu ganasnya lautan hingga terdampar di pulau tak berpenghuni seperti dicerita film layar lebar.

Berikut merdeka.com sajikan lima kisah manusia sanggup bertahan hidup di pulau kosong


 Lima kisah manusia terdampar sendirian di pulau paling mencengangkan

1.Iseng mancing hiu, pria ini malah terdampar di pulau selama 13 bulan
Pada awal 2014, Jose Salvador Alvarenga ditemukan di sebuah atoll di Kepulauan Marshall setelah perahu kecilnya terdampar 13 bulan sebelumnya. Jose lalu memulai perjalannya sejauh 6000 mil.

Sebagian menyangkal pengakuannya, namun ini adalah sebuah kenyataan. Menurut pengakuannya, bencana berawal dari aksinya bersama segerombol pemuda hendak memancing hiu, seketika badai besar membuat mesin kapalnya rusak.

Kelompoknya lalu terdampar dan mencoba mencari jalan pulang. Namun, tidak semua dapat bertahan lantaran tidak dapat meminum darah kura-kura dan makan ikan hidup-hidup demi dapat terus hidup.

Singkat cerita, akhirnya Jose dapat kembali bertemu ke pelukan keluarganya di El Savador. Namun begitu, hidup kelompoknya turut dipertanyakan. Segelintir tudingan miring mengatakan Jose menjadi kanibal demi dapat bertahan hidup secara egois.

 Lima kisah manusia terdampar sendirian di pulau paling mencengangkan

2.Perempuan ini dua tahun tinggal sendiri di pulau Artik
Ada Blackjack adalah wanita dari suku Inupiat Inuit yang tinggal sendirian di sebuah pulau terpencil tak berpenghuni bernama Wrangel di utara Siberia, Rusia.

Pada 16 September 1921 Blackjack menjadi salah satu dari lima orang yang ditinggalkan dalam sebuah ekspedisi dipimpin penjelajah bernama Vilhjalmur Stefansson mengarungi Laut beku Chukchi menuju Pulau Wrangel.

Di tengah perjalanan tiga orang kemudian meninggalkan dia dan seorang kru untuk mencari pertolongan dan makanan. Blackjack kemudian diajarkan berburu oleh salah satu kru tadi untuk bertahan hidup. Akhirnya kru tadi meninggal dan Blackjack hanya sendirian di pulau itu.

Pada Agustus 1923 akhirnya dia diselamatkan oleh seorang rekan Stefansson

 Lima kisah manusia terdampar sendirian di pulau paling mencengangkan

3.Pria ini sanggup bertahan 16 tahun hidup sendiri di pulau Samudera Pasifik
Pria asal Selandia Baru bernama Tom Neale tinggal di Pulau Suwarrow di Kepulauan Cook di tengah Samudera Pasifik selama total 16 tahun. Dia bertahan hidup sendirian selama tiga periode antara 1952 hingga 1977.

Selama 30 tahun sebelumnya Neale pernah mengimpikan bisa tinggal sendirian di sebuah pulau. Impian itu akhirnya terwujud saat usianya 51 tahun.

Dia mengenal Kepulauan Cook ketika masih berusia 18 tahun saat bertugas sebagai tentara Angkatan Laut Kerajaan Selandia Baru. Setelah tugasnya selesai dia bekerja sebagai penjaga toko di kepulauan itu dan bertemu dengan Robert Dean Frisbie, penulis yang menceritakannya tentang sebuah pulau bernama Suwarrow. Neale merasa tertarik, apalagi dia tahu lokasi pulau itu.

Pada Oktober 1952 Neale akhirnya berangkat dengan membawa bekal seperlunya dan dua ekor kucing ke pulau itu. Di sana dia tinggal di sebuah bangunan bekas militer pada Perang Dunia Kedua.

Di pulau itu Neale bertahan hidup dengan makan ikan, kepiting, kerang, kelapa, pisang dan sayuran liar sampai akhirnya pada 1977, karena penyakit kanker, dia kembali dan meninggal delapan bulan kemudian.

Lima kisah manusia terdampar sendirian di pulau paling mencengangkan


4.Gadis ini hidup sendiri di pulau kosong Indonesia selama 19 hari
Seorang pelajar wanita asal Jepang melakukan ide berlibur gila dengan sengaja terdampar di pulau tak berpenghuni di Indonesia selama 19 hari sendirian. Reikko Hori (22) memutuskan untuk menguji dirinya hidup tanpa bekal apa pun di Pulau Amparo, sekitar 6.760 kilometer sebelah barat laut Australia.

Tidak hanya bekal makanan, Hori juga tidak membawa alat bertahan hidup di alam liar seperti tenda, golok, korek api, dan alat penerang. Demi menghasilkan api, Hori harus bersusah payah menggunakan cahaya matahari yang membias melalui bantuan kaca pembesar yang dibawanya. Ini adalah satu-satunya alat modern yang dia bawa.

Aksi Hori ternyata tidak gratis, dia harus membayar terlebih dahulu untuk bisa mencoba hidup bagai tokoh Tom Hanks dalam film Cast Away. Docastaway adalah sebuah biro perjalanan yang bertanggung jawab atas ekspedisi Hori ini.

"Pada awal kedatangannya, Hori tidak mempersiapkan apa pun untuk ekspedisinya, lebih parahnya lagi dia tidak memiliki bekal ilmu untuk bertahan hidup di alam liar," kata Alvaro Cerezo kepala biro perjalanan kepada koran the Daily Mail, Senin (15/2).


Namun begitu, Hori tidak patah arang. Dia tetap melanjutkan niatnya untuk berpetualang selama lebih dari dua minggu di pulau tak berpenghuni itu. Saat diwawancara sebelum ditinggal seorang diri, gadis muda ini mengaku akan tidur beralaskan pasir, meski badai datang dia akan coba bertahan dengan bantuan seadanya.

Hori mendapatkan minum dari air kelapa dari buah yang ada di sekitaran pantai, dan mengisi perut dengan menombak ikan di sekitaran pantai dengan ranting tajam.

"Saya biasanya lebih suka menyendiri. Tapi setelah 19 hari di pulau terpencil ini, saya menyadari saya butuh orang lain. Saya bisa merasa bahagia jika ada orang di sekeliling saya. Sekarang saya ingin hidup bermanfaat bagi orang lain," kata Hori.

Lima kisah manusia terdampar sendirian di pulau paling mencengangkan


5.Demi pengalaman, mantan tentara Inggris terdampar 60 hari di pulau kosong
Ed Stafford, mantan kapten tentara Inggris menghabiskan 60 hari demi sengaja terdampar di sebuah pulau kosong di Pasifik Selatan. Tak berbekal apa pun, hanya sebuah alat perekam yang berfungsi sebagai alat dokumentasi.

Pada awal kedatangannya, pria ini mencoba mengamati apa saja yang ada di sekitar, kemudian mencoba beberapa teknik berburu. Pria ini menggunakan gua untuk tempat berlindung dari panas dan hujan. Dalam pengakuannya, dia sempat kesulitan untuk menciptakan api, mengingat tak satu pun alat pemantik dibawanya. Setelah berjuang selama dua minggu, akhirnya api pertama dapat diciptakan.

Kemampuan bertahan hidupnya makin terasah kala dia sanggup menundukkan buruan seekor kambing hutan. Dalam pengakuannya, ketakutan terbesarnya hanya saat melawan perasaan agar tetap menjadi seorang yang waras.










0 comments:

Post a Comment