Redwinbet Agen Judi Terpercaya

Wednesday, February 17, 2016

Cegah Keseleo, Jangan Sepelekan Pemanasan Sebelum Olahraga

Cegah Keseleo, Jangan Sepelekan Pemanasan Sebelum Olahraga 

beritaterkini - Keseleo atau angkle sprain bisa dicegah. Caranya, dengan tidak melupakan pemanasan dan stretching sebelum berolahraga.

dr Susetyo Soewarno, SpKO dari RS Jakarta mengatakan pemanasan membuat otot tubuh terisi darah. Dengan terisi darah, kemungkinan otot untuk sobek dan menyebabkan cedera akan berkurang.

Baca juga: Simpel, Rutin Lompat 2 Menit Tiap Hari Bisa Bantu Jaga Kesehatan Tulang

"Contohnya kalau bangun pagi terus ngulet terasa sakit, itu karena ototnya mudah robek akibat tidak terisi darah. Pemanasan membuat jantung memompa darah ke otot-otot yang dibutuhkan dan membuatnya lebih elastis dan tidak mudah robek," tutur dr Tyo, dalam acara seminar tentang ankle sprain di RS Jakarta, Jl Garnisun Dalam, Semanggi, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2016).

dr Tyo mengibaratkan otot seperti bakmi. Bahan baku utama pembuatan bakmi adalah tepung yang kaku dan lengket. Namun jika diberi air, tepung dapat dibentuk dan dipanjangkan sedemikian rupa.

"Ketika diberi air dengan kadar dan jumlah yang pas, tepungnya mau ditarik sepanjang apa juga nggak akan putus. Sama seperti otot, kalau terisi darah nggak akan sobek ketika berolahraga," paparnya lagi.

Tidak perlu lama-lama, dr Tyo mengatakan pemanasan hanya membutuhkan waktu 5-10 menit. Ketika otot dan tubuh sudah terasa hangat, pemanasan boleh dihentikan.

Langkah selanjutnya adalah melakukan stretching. Stretching atau peregangan berbeda dengan pemanasan. Stretching bertujuan untuk melatih elastisitas otot sehingga otot lebih fleksibel.

"Gerakan-gerakannya sederhana saja. Nggak usah yang terlalu besar, baik dalam tempo sedang atau lambat," ungkapnya.

0 comments:

Post a Comment